PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. (dahulu PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, PT
Gizindo Primanusantara, PT Indosentra Pelangi, PT Indobiskuit Mandiri Makmur,
dan PT Ciptakemas Abadi) (IDX: ICBP) merupakan produsen berbagai jenis makanan
dan minuman yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada
tahun 1990 oleh Sudono Salim dengan nama Panganjaya Intikusuma yang pada tahun
1994 menjadi Indofood. Perusahaan ini mengekspor bahan makanannya hingga
Australia, Asia, dan Eropa.
Sejarah dari
PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk dahulu mencapai kesepakatan denangan
perusahaan asal Swiss, Nestle S.A, untuk mendirikan perusahaan joint venture
yang bergerak di bidang manufaktur, penjualan, pemasaran, dan distribusi produk
kuliner di Indonesia maupun untuk ekspor. Kedua perusahaan sama-sama memiliki
50% saham di perusahaan yang diberi nama PT Nestle Indofood Citarasa Indonesia
Baik ISM
maupun Nestle percaya, mereka dapat bersaing secara lebih efektif di Indonesia
melalui penggabungan kekuatan dalam bentuk perusahaan dan tim yang berdedikasi
untuk itu.
Menurut Anthoni Salim, Dirut & CEO ISM, pendirian usaha patungan ini akan menciptakan peluang untuk memanfaatkan dan mengembangkan kekuatan yang dimiliki kedua perusahaan yang menjalin usaha patungan tersebut.
Menurut Anthoni Salim, Dirut & CEO ISM, pendirian usaha patungan ini akan menciptakan peluang untuk memanfaatkan dan mengembangkan kekuatan yang dimiliki kedua perusahaan yang menjalin usaha patungan tersebut.
Dalam
kerjasama ini, ISM akan memberikan lisensi penggunaan merek-mereknya untuk
produk kuliner, seperti Indofood, Piring Lombok, dan lainnya kepada perusahaan
baru ini. Sementara itu, Nestle memberikan lisensi penggunaan merek Maggi-nya.
Perusahaan patungan ini diharapkan akan memulai operasinya pada 1 April 2005.
Dalam
beberapa dekade ini PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) telah
bertransformasi menjadi sebuah perusahaan Total Food Solutions dengan
kegiatan operasional yang mencakup seluruh tahapan proses produksi makanan,
mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga menjadi produk akhir yang
tersedia di rak para pedagang eceran.
Dalam
beberapa dekade ini PT Indofood Sukses Makmur Tbk (“Indofood” atau “Perseroan”)
telah bertransformasi menjadi sebuah perusahaan Total Food Solutions dengan
kegiatan operasional yang mencakup seluruh tahapan proses produksi makanan,
mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga menjadi produk akhir yang
tersedia di pasar. Kini, Indofood dikenal sebagai perusahaan yang mapan dan
terkemuka di setiap kategori bisnisnya. Dalam menjalankan kegiatan
operasionalnya, Indofood memperoleh manfaat dari ketangguhan model bisnisnya
yang terdiri dari empat Kelompok Usaha Strategis (“Grup”) yang saling melengkapi
sebagai berikut:
- Produk
Konsumen Bermerek (“CBP”).
Kegiatan usahanya dilaksanakan oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk
(“ICBP”), yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia (“BEI”) sejak
tanggal 7 Oktober 2010. ICBP merupakan salah satu produsen makanan dalam
kemasan terkemuka di Indonesia yang memiliki berbagai jenis produk makanan
dalam kemasan. Berbagai merek produk ICBP merupakan merek–merek yang
terkemuka dan dikenal di Indonesia untuk makanan dalam kemasan.
- Bogasari, memiliki kegiatan usaha utama memproduksi tepung
terigu dan pasta. Kegiatan usaha Grup ini didukung oleh unit perkapalan
dan kemasan.
- Agribisnis. Kegiatan operasional di bidang agribisnis
dijalankan oleh PT Salim Ivomas Pratama Tbk (“SIMP”) dan PT PP London
Sumatra Indonesia Tbk (“Lonsum”), yang sahamnya tercatat di BEI, serta
merupakan anak perusahaan Indofood Agri Resources Ltd. (“IndoAgri”), yang
sahamnya tercatat di Bursa Efek Singapura. Kegiatan usaha utama Grup ini
meliputi penelitian dan pengembangan, pembibitan, pemuliaan dan pengolahan
kelapa sawit hingga produksi dan pemasaran minyak goreng, margarin dan
shortening bermerek. Di samping itu, kegiatan usaha Grup ini juga mencakup
pemuliaan dan pengolahan karet dan tebu serta tanaman lainnya.
- Distribusi, memiliki jaringan distribusi yang paling luas di
Indonesia. Grup ini mendistribusikan hampir seluruh produk konsumen
Indofood dan anak–anak perusahaannya, serta berbagai produk pihak ketiga
1990
|
|
1994
|
|
1995
|
|
1996
|
|
1997
|
|
2000
|
|
2001
|
|
2002
|
|
2003
|
|
2004
|
|
2005
|
|
2006
|
|
2007
|
|
2008
|
|
2009
|
|
2010
|
|
2011
|
|
VISI
Perusahaan Total Food Solutions
MISI
Memberikan
solusi atas kebutuhan pangan secara berkelanjutan
|
|
Senantiasa
meningkatkan kompetensi karyawan, proses produksi dan teknologi kami
|
|
Memberikan
kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat dan lingkungan secara berkelanjutan
|
|
Meningkatkan
Stakeholders' Values secara berkesinambungan
|
Nilai-nilai
“Dengan disiplin
sebagai falsafah hidup; Kami menjalankan usaha kami dengan menjunjung
tinggi integritas; Kami menghargai seluruh pemangku kepentingan
dan secara bersama-sama membangun kesatuan untuk mencapai keunggulan dan
inovasi yang berkelanjutan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar